PTN (1)

Bagi saya, seorang siswa yang sedang berada di kelas XII (3) SMA, kabar  – kabar mengenai Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi, selalu menarik (dan memang harus) untuk diikuti. Tahun ini, sistem berubah secara drastis, saat Kemendiknas menerbitkan peraturan yang isinya 60% mahasiswa harus diterima melalui seleksi nasional, sedangkan 40% dapat dilakukan melalui seleksi mandiri.

Perkara belum selesai. Saya yakin maksud Pemerintah membatasi Seleksi Mandiri, diantaranya adalah membatasi biaya yang mahal seperti (uang Pangkal) yang selalu menjadi syarat di Seleksi – Seleksi mandiri, belum lagi untuk meminimalisasi uang formulir pendaftaran yang berbeda – beda. Tapi, sepertinya kenyataannya berbeda….

Saya hanya ingin mengutip salah satu status FB milik teman saya

my new question: masuk ITB sekarang 55 juta dipukul rata. itu baru uang pangkal. per tahunnya 35 juta. apa ini yang MENDIKNAS maksud “SNMPTN diberlakukan untuk 60 PTN agar semua pelajar di SELURUH DAERAH di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan yang sama”?

Well, bukan saya yang bisa menjawab. Bagaimana Yang Terhormat Pak Menteri?

 

Info terakhir per 28 Januari.. ITB : 27 Juta per tahun

 

 

3 thoughts on “PTN (1)

  1. hmmm 27 juta per tahun, per bulan pukul rata 2,25 jutaan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan generasi yang “mungkin” akan pintar secara ilmu dunia dan logika, tapi ilmu akhirat? wallahua’lam

    Like

  2. kalo saya boleh sedikit mengkoreksi, masuk ITB itu ga pukul rata 55juta.
    FYI ada “diskon” sebesar 25%,50%,75%, bahkan 100%.
    setidaknya 600 dari 3000 calon mahasiswa baru akan dapet yg diskon 100% itu untuk biaya masuknya. Sisanya berada di range ‘diskon’ yang lain.

    Like

    • Iya, makasih. Memang, 55 juta itu batas atas. Tapi kan, si calon mahasiswa baru mendapat kepastian berapa yang harus dibayar, setelah mengajukan formulir dan lain – lain. Maka, yang saya cantumkan ya, angka tepatnya…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s