Macam – macam Jual Beli

Jujur aja, sebenernya gue adalah orang yang gak suka kalo kita harus belanja dengan harus bertanya pada penjualnya , macem toko2 non – swalayan. Kayaknya gak praktis gimana gitu. Gak efisien (haha). Bagi gue yang paling praktis ,ya model2 belanja yang kayak swalayan gitu, ambil keranjang atau trolly, jalan keliling ubek – ubek cari barangnya dan kemudian bayar barangnya di kasir, so simple. Yaa… namanya juga kasir , sengomong – ngomongnya kan paling “ oh,,indomie gorengnya 5 ya?” kekeke….

Yup, yang bikin gue sebel dari model non – swalayan sebenernya satu sih. Kita harus ngomong ke yang jual itu, nyari apa-lah,harganya berapa.  Mending kalo penjualnya to-the point,lah kalau nggak?? Yang keluar bisa mode Jayus dan Garing (krik krik krik) atau ngeselin, apalagi kalau tawar menawar ~_~

Nih percakapan gue  pas transaksi  jual beli terakhir mungkin bisa disimak (Haha)

Jual Beli 1

Gue   : Mas, nyari filter nih…
M       : oh ..sini nih.. ukuran berapa?
Gue  : **mm, btw mas… kok mereknya ko**ii? Harganya berapa?
M      : iyalah… ni barang bagus…harganya 1xx ribu…
Gue  : hah? Mahal banget..mereknya ko**ii lagi… gue waktu tu liat *oya sama ken*o aja segini….
M      : (ngotot) yaelah…. Itu mah beli merek kali……. Ni juga bla bla bla…
Gue : (karena emang gak ada toko lagi dan udah mendesak, waktu pun menipis) ya udah deh.. segini aja! (nada maksa)😀
M    : oke deh.. ni karena langganan ya (senyum licik) nanti lo cari apa2 di sini lagi lho (muka licik)
G    : Ha Ha Ha (dalam hati)

Jual Beli 2

Yang ini bareng bapak gue…..
Gue                       : Mbak ada modem ya? (eksternal yang 3g itu loh)
Mbak penjual  : oh ada2… ini yang gini harganya segini.. bla bla bla (ngebandingin paket2 nya)
Gue                      : Ooh gitu mbak….. kalo sama ini jadi berapa ya?
….percakapan segitiga antara mbak penjual, gue dan bapak gue…
Gue                      : yaudah deh mbak, yang ini aja….
…transaksi…
Mbak Penjual nulis kwitansinya…. Ngebungkusin barangnya… siap2 penyerahan barang…
..but..SUDDENLY
Mas2 penjualnya (bosnya)  : (ngasih kartu nama ke mbak penjual) yak..sekarang tulis nama kamu + nomer hape yang bisa dihubungi…. (tulis).. udah selesai? (mbaknya disuruh ngasih kartu namanya ke bapak gue)
(then bosnya bilang gini : “Pak, ni kartu namanya, kalo ada masalah silakan hubungi nomer ini (no hape si mbaknya), kalo gak ada masalah juga gapapa kok pak, 24 jam selalu siap ditelpon nomernya (senyum2 gak jelas) …

Mbak Penjual   : Ketawa Salting
Bapak Gue       : Ketawa
Gue                 : Faceless+Speechless…. (dalem hati… “Jayus Banget”)

From My Holiday

5 thoughts on “Macam – macam Jual Beli

  1. ya tergantung masing-masing orang juga sih…
    ada juga orang yang gak seneng penjual itu kayak robot, gak basa basi.
    ya mungkin basa basi itu sebagai sarana mengakrabkan pihak penjual dan pembeli.
    dan gak jarang basa basi ini begitu berpengaruh dalam bisnis.
    hhehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s