Reuni (2)

Jadi … kembali ke tulisan saya pada Reuni (1) , apa dampak dari fenomena anak desa masuk kota itu? Atau apa latar belakangnya ? Menurut perhitungan saya sih, generasi – generasi seperti Ayah saya dan teman – temannya itu, sekarang sudah mulai atau sudah mendapat jabatan yang cukup berpengaruh di instansi tempat mereka bekerja..(dengan umur 40-an), Sehingga, *mohon maaf kalau salah*, saya beranggapan, fenomena anak desa masuk kota termasuk mencapai puncaknya saat generasi Ayah saya..

Generasi seperti Ayah saya kuliah pada era 1980-an, saat Indonesia mulai merasakan hasil dari pembangunannya setelah pemulihan ekonomi akibat krisis pada 1960-an. Banyak yang mendapat Beasiswa, baik dari pemerintah maupun Swasta, tak jarang pula BUMN – BUMN menyekolahkan karyawannya, di dalam atau di luar negeri.

Dan memang, akses pendidikan tinggi yang cukup lancar itulah, yang membuat Ayah saya dan teman – teman – temannya dapat seperti sekarang. Bagi kedua orangtua saya, pendidikan tinggi yang menawarkan berbagai macam jalur, serta mematok uang pangkal, *meski katanya beasiswa juga diperbanyak* sangat ironis.

Ironisnya pula, ini kebanyakan terjadi di PTN favorit yang telah ber-BHMN, seperti ITB,UGM atau UI. Bagaimana dengan anak PNS biasa, yang mungkin golongannya tidak tinggi2 amat? Golongan IIIA misalnya…*tapi bukan Gayus*.. Gaji pokoknya aja cuma berapa… dan bagi yang bekerja di bagian/ departemen selain keuangan, belum tentu mereka dapat remunerasi.

Ya, saya tidak bisa berkata apa – apa lagi, intinya itu yang saya ketahui, mungkin para pembaca yang mempunyai bantahan atau sudut pandang berbeda, dapat memberikan saran, komentar dan kritiknya.

Tulisan ini sebenarnya dibuat sebelum MK membatalkan UU BHP, sehingga jika ada ketidaksesuaian info , mohon dikoreksi dan dimaklumi.

Leave a Reply

