Facebook Haram?? (2)

Barusan gue Googling googling dan dapet artikel ini……

TOLAK FACEBOOK DIHARAMKAN, HARUS DIKAJI PERMASALAHANNYA

Probolinggo-SuryaGiliran PCNU Kraksaan Kabupaten Probolinggo menentang keras dikeluarkannya fatwa yang mengharamkan penggunaan facebook alias situs layanan pertemanan di internet, dengan dalih penggunaan yang berlebihan.

Seperti diketahui, maraknya penggunaan layanan situs jejaring sosial seperti facebook, friendster maupun chatting untuk menjalin hubungan pertemanan, diam-diam disorot kalangan pesantren.
Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMP3) se-Jatim yang terdiri dari delegasi santri putri mengharamkan penggunaan jejaring sosial seperti friendster dan facebook, serta pesan singkat lewat ponsel (SMS) dan 3G (telepon video) jika digunakan secara berlebihan.

Ketua Tanfidiyah PCNU Kraksaan KH As’ad Abu Hasan menandaskan, apabila sampai dikeluarkan fatwa haram terhadap penggunaan facebook menandakan sudah terjadi degradasi pemikiran Islam.

“Kalau dalilnya karena alasan penggunaan berlebihan dan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, maka bisa saja semua peralatan dan perlengkapan teknologi klasik maupun modern, akan dihukumi haram semua. Lantas, mau jadi umat Islam ini,” tandasnya kepada Surya, Minggu (24/5).

Menurutnya, dalam tradisi NU memang dikenal bathsul masail atau diskusi tanya jawab untuk mengupas sebuah persoalan tertentu. Tapi, jika sudah membahas hal-hal yang hukum asalnya tidak diatur dalam Al Quran dan Hadist, maka cenderung akan menjerumuskan pemahaman umat.

“Justru kalau sampai dikeluarkan fatwa tersebut, maka bisa jadi itu akan menyesatkan dan merupakan bentuk penolakan Islam terhadap teknologi modern. Sepatutnya, sebelum mengeluarkan dalil haram, harus benar-benar dikaji akar permasalahannya,” tandasnya.

Secara terpisah, Pengasuh Ponpes Ahlussunnah Wal Jamaah, Habib Abdul Qodir Al Hamid kepada Surya juga mengaku tidak sependapat dengan fatwa tersebut.

“Celurit itu kalau di Probolinggo fungsinya dua. Bisa buat carok, bisa buat menyabit rumput untuk pakan ternak. Lalu, apakah penggunaan celurit harus difatwa haram. Kalau itu terjadi, apa kata dunia,” ungkapnya.

Ditambahkan, jika penggunaan facebook di internet diharamkan merupakan bentuk kemunduran pemikiran para santri pondok pesantren. “Kalau dikit-dikit keluar fatwa haram, dengan alasan penggunaan berlebihan, maka semua barang yang sebenarnya halal, kalau digunakan berlebihan semuanya akan haram. Kalau semuanya haram, masyarakat tidak akan bisa berbuat apa-apa,” tandas Habib Qodir.(surya.co.id)

Nah…. nah …. kan… jadi kontroversi…. akhirnya saya sih.. lebih milih gak haram… lha wong banyak banget manfaatnya…. kalo mau diharamkan ya.. sinetron aja tuh.. yang gak mendidik dan buang buang waktu……….

3 thoughts on “Facebook Haram?? (2)

  1. Haram atau halal, bagiku lebih baik nggak usah facebook- facebookan ah . Terlepas dari manfaat atau mudharatnya , ’siapa’ sih sebenarnya pencipta facebook yang mendadak kaya raya karena larisnya facebook ini?
    Mark Zuckerberg, (born May 14, 1984) is an American computer programmer and entrepreneur…etc.Zuckerberg was raised in Dobbs Ferry, New York, by his Jewish parents, Edward and Karen Zuckerberg…etc
    jewish = yahudi = israel
    Jadi, facebook 100% produk orang yahudi.
    profil aku copast dari:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg

    Like

    • @ starlight21 : yah memang… tapi saya ikut situs jejaring sosial kalo ada temen temen saya yang ikut…

      denger2 ada situs jejaring sosial buat muslim ya? mudah mudahan nanti bisa pindah…..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s