Airport, Pintu Masuk Kebanggaan

In Soekarno Hatta
In Soekarno Hatta
In Changi
In Changi

Haah.. baru baru ini.. gue dan beberapa teman gue serta kakak – kakak kelas gue yang baik melakukan educational tour ke singapura…. Sekarang gue mau ngebagiin kisah – kisah gue ke anda – anda para pengunjung blog gue yang belum populer.. maklum lah .. sejak sekian lama akhirnya bisa keluar negeri lagi…. (dulu masih kecil banget dan belum ngerti apa – apa)…

Airport atau Bandar udara , bisa dibilang adalah cerminan pintu masuk sebuah Negara, terutama bandara pusatnya……

Hampir setiap kota besar di Dunia mempunyai Bandar Udara…. Tetapi kualitasnya pun berbeda – beda…

Kalau dilihat dari kacamata kita, warga Indonesia, mungkin Bandar Udara yang paling megah adalah Soekarno-Hatta, dengan 3 terminal, tempat parkir yang luas dsb…..

Tapi, apa yang terjadi ketika kita pergi ke luar negeri?? Contohnya adalah Changi International Airport,  kebetulan gue baru hari senin kemarin bertolak ke Singapura, untuk pertama kalinya…..(maklum, mahal)… dan what happened next? When we arrive at Changi, it didn’t look special when I saw Changi from the aircraft, but when we reached to the Terminal….wew…Subhanallah…. itu adalah Bandar Udara termodern yang pernah saya kunjungi…(dulu gue pernah ke Abu Dhabi, it was better than Soekaro Hatta too)

Saat masuk, yang terlihat pertama kali adalah panel – panel petunjuk denan warna Hitam dan warna Kuning, ada beberapa yang biru dan merah…..dicetakpun dengan huruf  timbul…

Di beberapa sudut … kita dapat mengambil… banyak brosur tentang singapura.. seperti peta,makanan,tempat belanja dan info – info.. yang padat akan isi…bukan gombal belaka…..

Lalu turun ke kantor imigrasi bandara…wew.. terkesan sangat megah….….lanjut jalan sebentar… ada toko– toko yang ukurannya lebih besar dibandingkan di Soe-ta walaupun kita tahu harga di airport jelas sama – sama mahal…

Ke tempat bagasi, hmm…. Gak spesial2 amat …. Tapi ada 2 money changer dari 2 bank terkenal di situ…dari situ ada pintu  keluar…. Dan kami sudah mendapat kesan yang baik bahkan dari Bandara!! ( catatan : saat kami kembai ke indonesia..banyak yang mengejek ejek soe – ta loh, hilang rasa kagum kami..)

Apa arti dari semua ini? Bahwa untuk merebut hati wisatawan diperlukan usaha mulai dari awal…. Saat sudah terpikat… mudah untuk tetap terpikat… saat awal belum terpikat… maka biasanya semakin lama semakin kecewa dan tidak terpikat….begitu menurut saya………..

Jadi kalau Indonesia pengen memajukan pariwisatanya …. Buatlah kesan baik dari awal kedatangan turis…. Disamping membenahi fasilitas yang sudah mulai tertinggal…..

Visit Indonesia !!!

2 thoughts on “Airport, Pintu Masuk Kebanggaan

Leave a Reply

