Sistem Pendidikan Apa sih Yang Baik? (Sebuah Kritik)

kutubukuSebagai seorang murid….. yang masih belia…….🙂 …. Kadang gue bingung …. Karena semakin banyak sekolah yang membuat kurikulum – kurikulum tambahan ….. atau semacamnya……. Meski gue sadar.. gue juga murid yang sekolah di sekolah macam itu…. yang make kurikulum ++ …tambahan pelajaran agama.. leadership… dll. Bahkan di sekolah negeri yang unggulan pun sudah banyak ditemui “kelas SBI” atau “RSBI” ….. termasuk di sekolah gue..”MBI” ( Madrasah Bertaraf Internasional)

Yah.. meskipun gue bisa merasakan manfaat dari pengembangan kurikulum atau apalah namanya.. dimana terdapat nilai – nilai life skill yang dimasukkan ke dalamnya (di sekolah gue) .. But, gue merasa kurang sreg dengan kemunculan sekolah – sekolah yang terlalu mementingkan prestasi akademis dan mata pelajaran MIPA dengan cara mengabaikan pelajaran – pelajaran non – MIPA(diberikan waktu yang sedikit sekali, 1-2 jam pelajaran saja seminggu)…

Sekolah – sekolah ini… mendidik anak – anaknya dengan “menjejalkan” ilmu – ilmu MIPA (meski mereka bisa mengikuti, karena rata – rata peraih medali pada ajang Olimpiade sains seperti OSN dan IJSO)…. Tapi sistem seperti ini berkesan bahwa mereka hanya mementingkan nilai – nilai dan prestasi belaka…. Mereka terkesan seperti robot .. yang dijadikan tambang emas …sehingga nama sekolah mereka pun ikut populer….

Memang mereka berhasil meraih medali kembali saat SMA… tapi.. apakah seumur hidupnya mereka hanya akan belajar di dalam kelas saja? Apakah hidup dapat berjalan mulus hanya mengandalkan IQ saja?

Berdasarkan riset 80% kehidupan kita lebih ditentukan oleh EQ dibandingkan IQ .. Dan sudah banyak terbukti bahwa pemilik IQ tinggi tanpa diimbangi dengan kemampuan relasi sosial yang baik (terkait dengan EQ) justru tidak menikmati hidup yang lebih baik dibanding orang yang ber IQ sedang2 saja dengan EQ yang cukup tinggi…. Seringkali terjadi bahwa mahasiswa dengan IP tinggi,kariernya nanti biasa – biasa saja atau bahkan kalah dibandingkan mahasiswa biasa – biasa saja tetapi memiliki adaptasi yang baik di lingkungannya….

Maka…….

Indonesia NGGAK BUTUH ORANG YANG HANYA PUNYA TEORI dan CERDAS! Indonesia BUTUH orang yang CERDAS,NAMUN LUHUR BUDINYA SERTA APLIKATIF!!!!

Sekarang.. dengarlah orang – orang!!! Sadarlah!! Para Anak – anak yang terbius oleh olimpiade….. teruskan perjuanganmu.. tapi jangan jadikan olimpiade sebagai berhala….. tujuan pendidikan yang utama adalah untuk kehidupan itu sendiri……

Untuk penyelenggara sekolah – sekolah semacam itu…. Evaluasi kembali!!! Jangan jadikan anak – anak Indonesia orang yang text-book minded .. tapi jadikan anak – anak itu orang yang kreatif…. Menjadi cendekiawan yang seimbang antara kecerdasan intelektual dan sosialnya…. Bukan orang – orang yang hanya mampu meneliti sendiri…….. mengurung dirinya sendiri….!!

Dengan begitu .. generasi selanjutnya akan siap meneruskan semangat Indonesia…Hidup Indonesia!!

7 thoughts on “Sistem Pendidikan Apa sih Yang Baik? (Sebuah Kritik)

  1. Ya ya ya keren sekali tulisan ini..

    Disuarakan saja sama pihak sekolah..

    Kita berhak punya suara kok…
    Salam hangat Bocahbancar..

    “Saya suka orang yang sangat bersemangat seperti ini”

    Like

    • yap… tapi yang begitu bukan sekolah saya.. tapi saingan saya……..
      Dan memang model pendidikan itu sedang menjamur di Jabodetabek…

      Like

  2. ahhhh bohong
    omong kosong…
    omong kosong…..
    ha..ha..ha..
    siapa bilang indonesia g usaha majuin teknologi
    lihat aja sekarang…indonesia aja taraf pendidikannya masih jauh dibawah negara lain. tapi gw juga g kan nyalahin artikel lu ini. ini emang bener…
    pesen dari gw:mending lu sekarang mikirin hidup lu sendiri…hidup lu tu masih ancur…

    Like

  3. Vin..
    mendingan lo pikrin aja sekolah lo sendiri…
    gak usah pikirin sekolah yang lain..
    ato..

    mendingan lo mikir aja soal kimia, alkuna, elkana, dll.
    daripada mikirin hal2 yg gak jelas
    jangan berlarut-larut belajar kimia…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s