Sekolah Berasrama, Perlukah?

Insan CendekiaSekarang jaman sudah berubah,, dulu media informasi dan teknologi gak terelalu pesat lajunya,, dan info info negatif masih bisa di blok,, layaknya pemerintah orde baru menutup mulut lawan – lawan politiknya. tapi sayangnya,,  sekarang udah gak bisa gitu lagi,, udah pemandangan umum kalo media informasi seperti televisi adalah media di mana anak anak menerima info – info negatif,,,,

Media yang tidak disaring itu sering memancarkan hal – hal yang berbau SARA,,  tidak heran jika para orang tua sangat khawatir terhadap anaknya.. belum lagi pengaruh2 pergaulan yang tidak sehat… budaya geng2-an, merosotnya moral dan hal2 negatif lainnya….

Itulah sebabnya mengapa kemudian banyak orang tua yang mengirim anaknya ke ponpes2 atau boarding school. Boarding school dan ponpes notabene sama – sama sekolah berasrama.. Tujuan didirikan sekolah model ini adalah agar pendidikan – pendidikan terutama yang berkenaan dengan moral dapat lebih terawasi, (apalagi yang orang tuanya sibuk), melatih kemandirian dan menimba pengalaman hidup…….

TApi, apakah perlu,, agar anak bisa mandiri ,, ia harus dimasukkan ke sekolah berasrama? ……….Maybe yes maybe not… karena di sekolah model ini , maka teman akan sangat berpengaruh.. karena individu2 yang “tersedia”  untuk menjadi teman mungkin hanya dari lingkungan itu saja,, (terlepas dari Internet tentunya)

Kemudian, kemandirian…………………. Yang satu ini jelas! Insya Allah anak akan menjadi lebih mandiri, meski hanya beberapa persen… BAgaimanapun hidup tanpa pengawasan orang tua.. meski ada guru asuh.. ia akan lebih jarang memberi perhatian dibandingkan orang tua kita sendiri..

Pengalaman hidup………………… ini juga mungkin akan lebih mengena dibandingkan siswa2 biasa yang bersekolah di sekolah umum….. karena anak2 yang sekolah di sekolah berasrama harus memanage masalahnya sendiri.. karena dibandingkan dengan anak2 biasa yang sekolah si sekolah umum. di mana mungkin orang tuanya bisa mengerti lingkungan… lingkungan berasrama jauh lebih kompleks daripada itu..  tapi jika berhasil melewatinya biasanya mereka lebih mudah berorganisasi… ( bisa dilihat dari sepak terjang alumni – alumni sekolah berasrama seperti MAN Insan Cendekia ataupun SMA Taruna Nusantara… )

Terjaganya Lingkungan moral dan agama…………………………………….. That’s why I got in into Insan Cendekia and still learn there….. (dulu gue pengen masuk salah satu sMA unggulan di Jakarta…. tapi setelah gue ngeliat ada iklan yang melibatkan salah satu cheerleaders SMA unggulan di BAndung.. dengan rok mini dan segala lainnya .. yang menurut gue gak mencerminkan keunggulan sekolah itu….. gue putusin gue harus masuk boarding school)

Dengan lingkungan yang udah di customize, anak akan lebih terjaga dan sekaligus akan terbiasa dengan ritme2 yang ada di sekolah itu, yang tentunya sudah direncanakan sesuai ideologi sekolah…….

Tapi…. jangan sekali kali anak dipaksa untuk masuk sekolah model asrama begini…………….. karena diperlukan kesungguhan dan ketegaran menjalani hari2 atau bulan – bulan pertama di asrama………

Setelah uraian di atas… pada intinya adalah… sekolah berasrama mempunyai efek yang insya Allah bagus… meski perjuangan bagi ke 2 pihak.. anak dan orang tua sama – sama berat…..

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi anda semua… yang mengalami dilema dalam memili pendidikan anak anda terutama pada jenjang menengah atas……..

23 thoughts on “Sekolah Berasrama, Perlukah?

  1. Memang sekolah asrama atau Pon Pes masih sangat diperlukan, dan saya setuju dg ulasan diatas meskipun belum lengkap. Sekolah model asrama seperti IC (dibawah institusi pemerintah) masih kental nuansa politisnya…kenapa? karena apabila ganti pemerintahan maka akan ganti pula kebijakannya dan efeknya akan berpengaruh juga terhadap sekolah asrama dibawahnya, baik kurikulum atau kebijakan intern mengenai pola pendidikan terutama masalah pendidikan agamanya. Mungkin lebih baik menurut saya sekolah asrama yang swasta, persoalannya memang terletak pada masalah biaya yang sangat tinggi, akan tetapi yang paling penting dari itu adalah pemilihan manhaj yang mendasari suatu institusi pendidikan / sekolah berasrama swasta / pondok pesantren apakah sesuai dengan manhaj para salafus sholeh atau tidak. Kalau sekolah asrama dibawah pemerintah? manhaj nya ikut siapa ya? tergantung yg berkuasa…..

    Like

  2. memang apabila di sekolah berbasis ponpes ataupun boarding school, akhlak dan moral sudah tentu bisa terjaga dengan baik dan juga rasa kemandirian dapat ditingkatkan, namun bukan berarti di sekolah umum hal tersebut tidak dapat ditemukan..menurut saya justru di sekolah umum permasalahan yang akan dihadapi seseorang itu menjadi lebih kompleks,karena lebih berkenaan dengan lingkungan sosial yang tidak terikat dan juga berbagai permasalahan sosial lainnya.dan ini justru memacu setiap pribadi/individu untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan kemandiriannya terhadap dirinya sendiri.namun itu semua juga kembali ke pribadi diri masing-masing.

    Like

    • Ya… opini orang berbeda – beda…. tetapi masalah menjadi sangat kompleks…(bagi saya mungkin) ….. karena kita harus berpisah dengan orang tua kita…. di mana sebenarnya panduan orang tua adalah panduan yang paling mungkin kita taati…………………………………………..

      Like

  3. mungkin menurut saya kurang diminati karena sekolah berasrama sangat ketat peraturannya, karena tidak bisa keluar kemana mana. dan karena berbagai hal positif, itu harus diperhatikan vin, kamu harusmenulskan hal positif dan negatif dalam sekolah berasrama tersebut.

    Like

    • yaa…. itu kan bagian dari proteksi kita dari hal – hal negatif di luar…………
      Selama gak menghambat kreativitas kita gak masalah…….

      Like

  4. klo menurut w ya perlu bgt coz kta tahu bahwasannya di luar sana remaja2 islam dah pada dcekokin hal2 yg tdk seharusnya. nah dgn skul boarding tapi asik pasti bisa jadi lebih baik

    Like

  5. saya mau bertanya apakah sudah cukup umur untuk anak laki-laki yg berusia 9 tahun dipondokin ke PONPES.? dan posisi orang tua nya bercerai si anak tinggal dengan ibu nya mohon sekira nya rekan rekan untuk memberikan jawaban nya saya tunggu yah???

    Like

  6. mau tau dunkz ,..
    sekolah – sekolah asrama atau ponpes yang bagus ??
    sekolah apa aja ?? n dimana ??
    kasih referensinya dunkz ,..

    Like

    • sekarang udah mulai banyak kok…..

      kalo yang Islamic boarding school, ada Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo, Al – kautsar sukabumi juga lumayan….

      Ponpes ada As-salaam solo, Darussalam (Gontor), Darul Ulum (Jombang)-(punya berbagai macam,… MA ada, SMA RSBI ada..)

      kalo yang tanpa corak agama (kayak negeri gitu) ada Taruna Nusantara (Magelang) sama Krida Nusantara (BAndung)

      They all are good , i think….

      .

      Like

  7. Wah,,.pas banget ada ulasan ini, saya mahasiswi yang lagi ngerjain skripsi tentang sekolah berasrama, sebenernya saya berencana pengen datang langsung ke insan cendekia serpong untuk data skripsi saya, tapi sebelum saya kesana saya pengen terlebih dahulu wawancara sama alumninya. alphin alumni insan cendekia ya? boleh ga saya wawancara alphin terlebih dahulu sebelum saya ke insan cendekia. soalnya ada banyak yang mau saya tanyain tentang sekolah itu. ini buat pertimbangan sya dalam nentuin sekolah asrama mana yang akan saya pilih untuk pengambilan data penelitian saya.. tapi kalau pun bukan alphin yang bisa saya wawancarai, tolong kasih referensi saya info tentang insan cendekia atau orang lain yang bisa saya wawancarai. sebelumnya makasih ya,,
    kalo bisa tolong balas ke email saya..^_^

    Like

  8. Saya sangat setuju dengan pendidikan yang di asramakan, sangat terasa sekali manfaatnya terutama dalam pendidikan akhlaknya meskipun masih ada segelintir penghuni asrama yang neko-neko, tapi pakta berbicara para siswa yang diasramakan jauh lebih baik dari para siswa yang tidak di asrama. contoh pelaku tawuran 99% adalah mereka yang bukan siswa pondokan, kalaupun ada sangat jarang terdengar siswa pondokan tawuran, berarti peran pondok atau asrama sangat berpengaruh, semoga bisa jadi pemikiran para orang tua, amiiin!

    Like

  9. Apakah Insan Cendekia bisa menerima mahasiswa pindahan dari MAN.
    anak saya minta dipesantrenin….saya bingung tempat pesantren yg tidak terlalu jauh dari kediaman kami…

    saya tertarik dengan MAN Insan Cendekia…
    mohon kiranya Alvin mmeberikan keterangan yg sejelas2nya.

    Like

  10. Hi Alvin
    i am a father whose going to submit my son to the boarding school
    could you please share your experience perhaps your tips to help me as a parents and my son as a student to be able to past the crucial period as you mentioned on your story
    appreciate your reply

    salam
    feka

    Like

  11. Apakah SMP sudah cukup umur untuk diasramakan? Pendapat kamu tentang perjuangan anak dan orang tuabetul sekali. Saya seorang ibu, yang punya anak sd kelas 6, sebelum-sebelumnya saya mantap akan menyekolahkan anak di asrama, tapi….beberapa bulan ini, sejalan waktu, mendekati….malah ragu…berat rasanya.

    Like

    • Hmm, dulu kebetulan kalau pada kasus saya, orang tua saya berpikir, kalau smp masih terlalu muda untuk diasramakan…

      Tapi menurut saya, dikembalikan lagi pada individu masing – masing, (kemauan ortu dan anak, kondisi anak, anak ibu laki-laki atau perempuan, dsb.)…

      Dari pengalaman saya, saya merasa sangat bersyukur, masuk asrama saat SMA, sehingga punya perspektif luas, yang saya dapat di masa SMP, dan di masa SMA, yang agak berbeda karena di asrama…. (kalau SD kan taunya main doang ya) hehe

      Like

  12. assalaamu’alaikum….
    saya mw tanya donk.
    saya mahasiswi uin jkt, gy nyusun skripsi ttg pembentukan akhlak melalui boarding school. saya lg mencari unsur-unsur boarding school, tp saya buka-buka ko g ada ya? mohon infonya…
    mksh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s