Harapan gue dalam Krisis Global

Tahun 2008 dan mungkin 2009 , dunia mengalami krisis global,, Negara adidaya seperti Amerika Serikat udah nyetujuin ngluarin bailout sampe 2x,, emang sii, krisis nya dari dia juga, tapi gue sih tetep terheran2, masa perusahaan semacem GM, AIG yang notabene very bonafide, sampe harus dapet talangan ,, apalagi Citigroup,,, ampunn!!

Di Indonesia, dampaknya juga terasa,, tiap hari beritanya seputar langkah2 pemerintah dalam menanggulangi krisis (katanya),, bahkan saat harga2 saham jatuh,, banyak analis yang merekomendasikan “BUY” , katanya banyak saham yang undervalued,, tapi setelah gue baca – baca mereka bilang “ beli saham2 blue chip” yang fundamentalnya kuat,, gue rasa brarti mereka kan masih punya keraguan apakah krisis di tahun 2009 bakalan lewat atau malah dateng lagi lagian yang namanya bursa saham sekarang masih bolak balik, turun – rebound lagi,,,, pantes sih kalo dibilang High risk High gain…

Bayangin aja pas tahun 2008, dari kurun Februari sampe Oktober, IHSG dah turun 50%,,, sempet dapet rekor tertinggi di level 2.785 tpi kemudian ke level terendah di 1.111 , gue ngebayangin , gimana perasaan orang2 yang nempatin dananya pas titik puncak itu,, kalo misalnya gue punya duit 100 juta, truz rugi 50% kan,, tgl 50 juta, padahal tujuannya buat investasi.

Belum lagi, kalo kita gak pinter dalam analisa sahamnya,,, wong gue ngeliat hasil investasi dari reksadana2 saham, banyak juga yang rugi lebih dari 50%,, padahal, mereka kan yang ngelola manajer investasi, yang rata2 udah punya gelar MBA, ato CFA….. kadang malah lulusan luar negeri MBA-nye….

Huff.. emang susah di jaman krisis ginie…. Gue yang pelajar sih bisanya ngikutin dari Koran aja,, padahal pengen juga, kalo nanti Indeks rebound ke level 2000-an aja , hasil investasinya udah bagus banged kan,, minimal dengan tabungan gue yang gak nyampe puluhan juta, tetep bisa ngerasain rebound-Nya pasar modal,, ya dari Reksa dana saham yang udah banyak dimiliki para Manajer Investasi,, sayangnya gue gak punya KTP!!

Hehe,,, Karena harapan gue juga IHSG bisa rebound,, ekonomi Indonesia bisa membaik, bu menteri bisa mengambil kebijakan2 yang adil,, biar rakyat dapat lebih sejahtera,,,biar gak banyak PHK,,,, gue mungkin bisa bersyukur, ortu gue pekerjaannya layak, dan penghasilannya bisa mencukupi kebutuhan keluarga,, tapi di luar sana, masih banyak, rakyat Indonesia yang kelaparan, kesusahan. MUdah2an krisis global bisa dilewati dengan aman oleh kita,, dan yang sekarang kesusahan bisa lebih sejahtera. Semangat!!!

4 thoughts on “Harapan gue dalam Krisis Global

  1. Dari pada pusing-pusing investasi saham, reksadana dan lain2 yg hanya sebatas janji lebih baik inves tanah, property, dan paling gampang buat pelajar adalah emas, tiap bulan bisa nyimpan 1 gram atau lebih, simpel kan. Nggak usah mikir IHSG, rebound atau beli koran sekedar dengerin pendapat ekonom yg nggak punya dasar jelas. Tapi kalau masalah emas, jelas sekali termaktub dalam hadits Nabi Muhammad Sallallahu’alaihi wasallam.

    Like

    • Punya wordpress juga om?
      ya, itu kan intinya aja,,
      lagian semua produk2 otu punya kekurangan dan kelebihan,
      tapi pokoknya jadi orang jangan ditumpuk gitu aja kan hartanya?

      Emas lagi mahal om,, tapi kok ANTAM prediksinya harga emas bakalan 700 – 800 US$ / troy ons ya?

      pelajar ya tugasnya belajar, hehehe

      Like

  2. oooh, jdi ini om kamu yang sering kamu kirimin e-mail yang isinya tentang masalah2 ekonomi itu…

    ckckck…

    oke, blognya lumayan,
    teruslah tuangkan pikiranmu di blog ini…

    tapi jangan lupa maen ke blog ku ya..
    ku tunggu comment kau..

    Like

Leave a Reply

