Televisi

television07

Yak, kali ini entah kenapa pengen cerita-cerita tentang media massa, khususnya Televisi Indonesia. Gue sebenernya ga tiba-tiba mikirin topik TV ini, melainkan sejak TVRI ngambil hak siar Liga Sepak Bola Italia “Serie-A” yang termahsyur itu. Waktu itu yang ada di pikiran gue, “Wah, akhirnya TVRI jadi TV beneran!” Haha, nampilin siaran bola! Bagi anak muda kayak gue (ciyeh :p) TVRI itu identik sama kolot, membosankan, dan acara yang ga kreatif. Yang gue tau tentang TVRI itu, kalo ibu gue cerita : “Dulu tuh, mama mau nonton TV, pasti pergi ke pos polisi, kantor camat, buat nonton Unyil (atau apalah namanya, gue lupa :p). Channel cuma TVRI, kalo udah malem gak siaran lagi bla bla bla… That’s it.

Sekarang? Jaman udah beda banget, Channel TV di Indonesia udah ada belasan (atau puluhan?) jumlahnya. Acara berita aja, judulnya gak cuma “Dunia Dalam Berita” yang aki-aki aja tau, tapi ada Liputan 6, Metro Hari Ini, Kabar Indonesia dll. Sinetron? GAK Terhitung jumlahnya, mulai dari jaman-jamannya Tersanjung,1,2,3,4,5 dst. sampai yang judulnya Tukang Bubur Naik Haji. Haha. Sepakbola? Hampir semua liga terkenal ada, Premier League, Bundesliga, Serie-A yang di TVRI, sampe La Liga Spanyol.

Jadi sekarang, bisa gue katakan, pertelevisian Indonesia (dan media secara umum) udah ga monoton atau bahkan monopoli kayak dulu. Apalagi abis reformasi, channel tambah bejibun. Gue inget banget, di 2001 tiba-tiba ada TV baru yang namanya Metro TV, haha (penting abis). Kalo di list, tv-tv yang lahirnya abis reformasi kayaknya lebih banyak deh (belum stasiun TV daerah kayak Jatim TV).

Tapii.. Jreng jreng , Apakah kualitas kontennya meningkat?

Susah juga buat nilainya. Dalam beberapa hal, mungkin iya, mulai dari adanya Kick Andy, atau Standup Comedy. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, saking bebasnya, kayaknya lebih banyak jeleknya deh. Terutama bagi saya, dalam bagian Genre Berita dan Sinetron +FTV.

Dimulai dari sinetron dulu deh. Sebenernya dari dulu yang namanya sinetron itu kan kebanyakan tentang konflik-konflik cinta gituh yah? Gimana ya tapi, dari dulu gue nonton sinetron ya karena remot TV dipegang ibu gue, jadi ikut-ikut aja. Kalau disuruh ngejelasin satu persatu faktor kenapa gue nganggep kualitas sinetron turun, juga mungkin gue ga bisa.

Cuma gue pengen bilang, sepertinya kualitas sinetron turun tuh karena banyaknya artis-artis karbitan yang ga dididik sebagaimana mestinya deh. Kalo dulu kayaknya aktingnya tuh bisa meyakinkan gitu lho, latar shootingnya juga bisa keliatan, lagi dimana. Kalo sekarang…ngandelin Kecantikan doang, jadinya shoot kameranya hampir semuka nya doang. TV gue cuma ganti-ganti muka doang kalo nyetel sinetron -__- , untung cantik :p

Trus, ceritanya juga banyak yang tambah maksa. Kalau dulu Tersanjung 1,2 , trus juga Cinta Fitri 1 sama 2, kan lumayan tuh alur ceritanya (meski gue ga rekomen season 3 dst -__- ). Sekarang? Percintaan anak putih-abu , bahkan anak putih-merah (SD) aja ada sinetronnya. I’m Speechless.

Kalau berita gimana? Oke, here’s the thing, tampaknya reformasi dan kebebasan pers sudah sangat bebas. Bahkan sampai ada program di TV yang namanya Lawyer Club-Lawyer Club itu (yang bagi saya gak lebih dari acara penggiring opini publik). Saya aja bisa kebayang, sungguh gak mungkin ada acara semacam itu pas jaman Soeharto. Haha.

Cuman yang bikin lebih sulit lagi, berita itu menurut saya udah banyak yang gak netral. Ya gimana bisa netral, hampir sebagian besar TV-TV besar di Indonesia ini, terafiliasi ke suatu golongan politik kok. RCTI dan MNC group,afiliasinya ke Hary Tanoe, yang.. kalian tau sendiri lah ya. Metro TV? Apalagi, punyanya yang bewok itu. TV One? Punya yang kuning-kuning itu tuuh. Dan gue gatau ya, somehow Indonesia ini emang bobrok banget atau gimana, atau karena ada kaitannya dengan rivalitas politik. Biasanya berita-berita yang beredar di Indonesia itu membosankan, dan berbau “negativisme dan pesimisme” . Gak Percaya? Haha. Kalo ga gitu, mana ada sampe orang bikin situs kayak http://goodnewsfromindonesia.org yang isinya berita-berita positif tentang Indonesia.

Udah ah, itu aja dulu unek-unek tentang TV. Nanti kalo masih mood, masih pengen bacot juga tentang kaitan media berita dan politik, lanjutan paragraf sebelumnya ini. Hehe :D

Salam,

Gambar dari http://bradfordpearson.blogspot.com/2010/04/tuesday-night-trivia-television.html
3 thoughts on “Televisi

      • TV dakwah itu sebenarnya banyak sekali. Di bekasi ada yg konvensional, pake anten biasa. TV rodja bisa di akses juga lewat Parabola. Yang streaming banyak banget. lewat BB, iphone dan android juga bisa. tinggal kemauan untuk menuntut ilmu syar’i untuk jaman yang serba mudah ini. Ilmu yang berguna untuk bekal di akhirat…..

        Like

Leave a Reply

